Cara setting Domain TLD ke Blogspot atau Blogger

 Hai pembaca andromedia, kali ini saya akan membahas cara custom domain ke blogger atau blogspot, Pertama anda buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger anda. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.
blogger setelan
1. Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada A record tadi. Misalnya www.andromedia.com. Lalu klik Simpan. Maka akan ada error dari pihak blogger yaitu Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.
blogger
2. Buka dash.domainesia.com tadi lagi, kemudian Add record pada CNAME. Masukkan host pada kolom pertama misalnya www.domainesia.com dan pada kolom kedua isikan ghs.google.com
ghs
3. Kemudian, buat CNAME record lagi. Masukkan host unik dari google(dot)namadomain.com dan record unik dari google lalu pilih Create
host unik
4. Pastikan anda telah menambahkan 4 A record yang berisi 4 IP address dari blogger dan 2 CNAME record.Sehingga akan muncul tampilan seperti berikut
all


5. Setelah anda menambahkan CNAME record maka silahkan Kembali ke blogger.com. Setelah itu pilih Simpan. Maka alamat blog telah berubah sesuai nama domain yang anda berikan.
  • Setelah selesai setting, kembali ke halaman Blogger dan masukan www.namadomain.tld di settingan blogger anda, jika masih mendapatkan error, mohon tunggu sampai anda bisa menyimpan settingan tersebut.
  • Tunggu beberapa saat atau dalam 24jam untuk bisa diakses dengan baik.
NB : Anda dapat merubah alamat domain blogspot dengan domain yang anda miliki misalnya .com .net .store .ml .tk dll menggunakan fitur custom domain blogspot.
First